TINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT, ALEG PKS INISIASI BERDIRINYA KOPERASI SERBA USAHA

Sebagai wujud dari pengamalan tagline Partai Keadilan Sejahtera (PKS),  Berkhidmat Untuk Rakyat,  anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dari PKS,  Githo,  S. Pd. I,  menginisiasi berdirinya Koperasi Serba Usaha (KSU) di kampung tempat tinggalnya,  Tiyuh Candramukti, Kecamatan Tulang Bawang Tengah,  Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Koperasi yang didirikan pada tanggal 12 Oktober 2017 tersebut diberi nama Koperasi Serba Usaha (KSU)  Mukti Jaya Agung. Adapun susunan kepengurusan terdiri dari Ketua Riyanto,  Wakil Ketua Edy Maskur,  Sekretaris Tri Maryono,  Bendahara Irawan Junaidi, Wakil Bendahara TJ Sunarto, Manajer  Sutrisno K, dan Kepala Unit Usaha Hary Supriadi.  Kemudian susunan badan pengawas terdiri dari Ketua Githo,  dengan anggota Ust. Rondi dan H.  Saring Santoso.

Menurut Githo,  Koperasi Serba Usaha (KSU)  yang anggotanya sebanyak 35 orang tersebut merencanakan berbagai jenis usaha yang terdiri dari Simpan Pinjam,  Pertokoan dan Produksi.

"KSU Mukti Jaya Agung yang didirikan oleh jamaah Yasin suku 1 Tiyuh Candramukti, merupakan koperasi yang akan menjalankan berbagai jenis usaha demi meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat yang dikelola dan dilaksanakan dengan prinsip syari'ah, " kata Githo di sela-sela rapat rutin anggota koperasi di rumah kediamannya,  Candramukti, Kecamatan Tulang Bawang Tengah,  Kamis,  (28/12/2017).

Selain untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat, berdirinya KSU Mukti Jaya Agung juga sebagai langkah kongkrit untuk menghindarkan masyarakat dari jeratan rentenir.

"Saya berharap dengan berdirinya koperasi ini akan disambut baik oleh masyarakat. Oleh karena itu,  saya menghimbau kepada seluruh anggota koperasi untuk  melakukan sosialisasi kepada masyarakat  tentang pentingnya menjadi anggota koperasi agar mereka terhindar dari jeratan rentenir yang akan menyengsarakan mereka sendiri, " ujar anggota Komisi B DPRD Tulang Bawang Barat ini.

Sementara itu,  Ketua KSU Mukti Jaya Agung dalam sambutannya mengatakan, bahwa pada dasarnya keanggotaan koperasi pada dasarnya bersifat terbuka dan suka rela. Artinya,  menjadi anggota koperasi adalah atas dasar keinginannya sendiri dan bukan paksaan dari siapa pun. Selain itu, Riyanto juga menjelaskan bahwa siapa pun berhak menjadi anggota koperasi.

"Jadi,  silakan Bapak-bapak dan Saudara sekalian bermusyawarah dulu dengan anggota keluarga di rumah sebelum mengisi formulir pendaftaran menjadi anggota koperasi ini.  Apa bila keluarga sudah setuju,  silakan mengisi formulir dan dilampirkan foto kopi KTP yang masih berlaku serta membayar uang simpanan pokok sebesar lima puluh ribu rupiah kepada Bendahara pak Irawan Junaidi, " pungkas Riyanto yang juga sebagai Kepala Suku 1Tiyuh Candramukti ini.

TINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT, ALEG PKS INISIASI BERDIRINYA KOPERASI SERBA USAHA TINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT, ALEG PKS INISIASI BERDIRINYA KOPERASI SERBA USAHA Reviewed by PKS Tubaba on Desember 30, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.