Githo: Segera Serahkan SK Bidan PTT Yang Lulus Menjadi ASN

Anggota DPRD Tubaba dari PKS Githo S.Pd.I., M.M., ujung kanan berpeci hitam, dalam Rapat Kerja Komisi B DPRD dengan Dinas Kesehatan
Anggota DPRD  Kabupaten Tulang Bawang Barat  dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS)  Githo, mempertanyakan keterlambatan penyerahan Surat Keputusan (SK)  kepada 76 tenaga kesehatan berstatus PTT di Tulang Bawang Barat  yang dinyatakan lulus menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) formasi tahun 2017.

Hal ini terungkap saat Rapat Kerja Komisi B DPRD dengan Dinas Kesehatan dalam rangka Evaluasi Triwulan Pertama Pelaksanaan APBD tahun 2017, Rabu (7/6/2017) di ruang rapat Komisi B  setempat. Tampak hadir Pimpinan Komisi B,  H.  Edison,  Hj. Yulisa Triginayu, dan Muammil. Sementara, dari anggota komisi,  Githo,  Ngadiman,  Salmani, dan Baharudin. Kemudian dari Dinas Kesehatan dihadiri oleh Sekretaris Dinas Majril,  didampingi Jauhari dan Karyawanto.

Dari 79 tenaga kesehatan  yang mengikuti seleksi di Kabupaten Tulang Bawang Barat pada tahun 2017, yang dinyatakan lulus menjadi ASN terdiri dari 75 bidan dan 1 dokter.  Sementara yang tidak lulus yakni 3 orang karena terkendala usia yang sudah di atas 35 tahun.

Terhadap 76 tenaga kesehatan yang dinyatakan lulus menjadi ASN tersebit,  hingga kini belum menerima SK pengangkatan dan tempat kerjanya. Menyikapi belum diserahkannya SK tersebut menimbulkan pertanyaan dari anggota Dewann Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  setempat, Githo.  Githo mempertanyakan alasan pemerintah daerah untuk tidak segera menyerahkan SK tersebut kepada mereka yang dinyatakan lulus menjadi ASN.  "Mengapa sampai saat ini pemerintah daerah tidak segera menyerahkan SK tenaga kesehatan yang lulus menjadi ASN. padahal Nomor Induk Pegawai (NIP)  mereka sudah dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN)?, " tanya Githo.

Menurut Githo,  keterlambatan penyerahan SK tersebut akan sangat merugiksn para bidan dan dokter yang telah berubah status dari PTT menjadi ASN.  Karena dengan sudah dikeluarkannya SK ASN, maka pemerintah pusat akan memutus pemberian gaji kepada mereka. Selain mempertanyakan  tentang penyerahan SK PTT yang lulus menjadi ASN,  Githo juga mempertanyakan status 3 orang bidan PTT yang tidak lulus menjadi ASN karena terkendala usia. "Bagaimana status bidan PTT yang tidak lulus menjadi ASN?.  Mereka yang sudah berjasa mengabdikan diri di Kabupaten Tulang Bawang Barat jangan sampai terabaikan kesejahteraannya hanya karena terganjal aturan, " kata politisi PKS dari daerah pemilihan Kecamatan Tulang Bawang Tengah ini.

Menanggapi pertanyaan dari wakil rakyat tersebut, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang Barat Majril menjelaskan, bahwa sebenarnya secara administrasi tentang tenaga kesehatan yang lulus menjadi ASN sudah tidak ada kendala apapun.  Tetapi persoalannya adalah tidak tersedianya anggaran biaya untuk menggaji mereka. Kemudian,  dinas kesehatan sudah menyelesaikan semua yang menjadi kewenangannya.  Tetapi,  terkait dengan pembagian SK adalah ranahnya BKD. "Sebenarnya sudah tidak ada lagi kendala terkait penyerahan SK mereka. Akan tetapi kita memang belum mengalokasikan anggaran biaya untuk menggaji mereka. Karena,  begitu SK sudah kita serahkan dan mereka sudah menandatangani SPMT pasti menuntut gaji, sementara anggarannya belum ada, " kata Majril.

Ketidaktersedianya anggaran dalam APBD, menurut Majril karena memang sebelumnya tidak diketahui jika pada tahun 2017 ini seleksi penerimaan ASN di Kabupaten Tulang Bawang Barat.
Lebih lanjut Ketua DPD PPNI Kabupaten Tulang Bawang Barat ini mengatakan, bahwa gaji untuk ASN yang lulus pada tahun 2017 ini akan dianggarkan pada Perubahan APBD tahun 2017.
Kemudian, terkait dengan nasib 3 orang bidan PTT yang tidak lulus menjadi ASN tetap menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dengan biaya sepenuhnya ditanggung pemerintah pusat. "Terhadap 3 orang yang tidak lulus menjadi ASN,  mereka akan tetap menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dan pembiayaan sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah pusat, " pungkas Majril.
Githo: Segera Serahkan SK Bidan PTT Yang Lulus Menjadi ASN Githo: Segera Serahkan SK Bidan PTT Yang Lulus Menjadi ASN Reviewed by PKS Tubaba on Juni 09, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.