Agar Tak Langka, Aleg PKS Komitmen Awasi Distribusi Elpiji

Ade Utami Ibnu
Usulan kenaikan kuota elpiji bersubsidi atau pada tabung gas 3 kilogram sebesar 17,15 dari tahun sebelumnya yang dilakukan oleh Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Provinsi Lampung layak diapresiasi. Apalagi jika dengan kenaikan kuota tersebut disetujui, pihak distamben menjanjikan tak ada kelangkaan elpiji pada tahun ini, sehingga harga gas 3 kilo diprediksi akan stabil.

Demikian dikatakan Ade Utami Ibnu, Sekretaris Komisi IV DPRD Lampung melalui sambungan telefon, di Bandar Lampung, Kamis (4/2).

Menurut Sekretaris Umum PKS Lampung, peningkatan kuota gas elpiji 3 kilogram pada tahun ini sebesar 17,5 persen dari tahun lalu menjadi 167.141 metrik ton atau 167,14 juta kilogram.

“Dengan 167,14 juta kilogram gas elpiji tabung 3 kilogram yang diusulkan penambahannya, maka akan di didistribusikan sekitar 55.713.667 tabung gas isi 3 kilogram ke seluruh Lampung,” kata Ade.

Ketua Fraksi PKS Lampung inipun menuturkan, dengan asumsi jumlah kepala keluarga (KK) yang bervariasi antar kota/kabupaten se Lampung maka distribusi elpiji tabung isi 3 kilogram per KK pun berbeda-beda tergantung jumlah kuota dan jumlah KK masing-masing kota/kabupaten.

“Misalnya dengan jumlah KK hasil pendataan BKKBN pada Kota Bandar Lampung sebesar 235.955 tahun 2014 dan kuota usulan penambahan elpiji 3 kilogram sebesar 32.908 metrik ton atau 32,98 juta kilogram atau setara dengan 10.969 juta tabung isi 3 kilogram, maka per KK di Bandar Lampung maksimal mendapatkan 46 tabung isi elpiji 3 kilogram selama satu tahun,” tutur Anggota Dewan Dapil Tubaba, Tuba dan Mesuji ini. “Dengan kondisi Bandar Lampung yang merupakan daerah perkotaan dan lebih mengarah kepada perdagangan dan jasa, mudah-mudahan kuota tersebut mewakili, sebab masing-masing KK akan mendapatkan jatah 3-4 tabung elpiji isi 3 kilogram setiap bulan,” tambah Ade.

Meski demikian, Ade yang juga Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia Lampung, bersama anggota Komisi IV lainnya, berupaya semaksimal mungkin melakukan pengawasan agar distribusi gas elpiji 3 kilogram tepat sesuai dengan peruntukkannya. “167.141 metrik ton inikan besar sekali untuk Lampung, dan kami selaku anggota DPRD dimana salah satu tugasnya melakukan pengawasan khususnya pengawasan terhadap distribusi elpiji 3 kilogram, agar tepat sasaran dan sesuai dengan peruntukannya,” pungkas Sekretaris Umum DPW PKS Lampung.

Keterangan Foto: Sekretaris Komisi IV DPRD Lampung, Ade Utami Ibnu
Agar Tak Langka, Aleg PKS Komitmen Awasi Distribusi Elpiji Agar Tak Langka, Aleg PKS Komitmen Awasi Distribusi Elpiji Reviewed by PKS Tubaba on Februari 04, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.