Pantau Perkembangan Alutsista, Komisi I Kunjungi Mabes TNI AL

 Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq dari Fraksi PKS
Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq dari Fraksi PKS
Jakarta (19/1) -- Komisi I DPR mengadakan kunjungan kerja ke Markas Besar TNI Angkatan Laut (AL) di Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (19/1). Kunjungan diikuti 29 anggota Komisi I dan dipimpin Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq dari Fraksi PKS.

"Kenapa TNI AL karena waktu rapat kerja dengan kamiI, panglima TNI katakan postur laut dan udara menjadi prioritas," kata Mahfudz usai kunjungan.

Rombongan Komisi I diterima langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, Irjenal, Koorsahli Kasal, Para Asisten Kasal, para Kepala Dinas lingkungan Mabesal dan Pangkotama wilayah Jakarta.

Mahfudz menjelaskan TNI AL harus dibangun secara modern karena pengembangan potensi kelautan sangat penting. TNI AL aktif mendukung tugas Kementerian Kelautan dan Perikanan, bukan dalam rangka menangkapi kapal ilegal saja, tapi seluruh perairan.

Menurutnya, sebagai alat kelengkapan DPR di bidang pertahanan, Komisi I perlu mengetahui perkembangan terkini kondisi alutsista TNI AL secara langsung. Tujuannya untuk memberikan masukan kepada pemerintah dalam rangka mewujudkan postur TNI AL sesuai dengan rencana strategis yang telah disusun.

Kasal Ade Supandi mengatakan untuk menjaga wilayah perairan Indonesia perlu penguatan kekuatan maritim. Kunjungan Komisi I sangat penting untuk melihat mana yang sudah terealisasi, yang perlu ditambahkan dan mana untuk direvisi dalam mencapai kekuatan esensial minimul.

"Prioritas utama adalah alutsista yang sudah lewat masanya atau usang. Sebanyak 10 kapal perang, kata dia, akan masuk tahap konservasi (tidak dioperasikan lagi). Selama belum ada penggantinya, kapal-kapal tersebut akan tetap dirawat. Kami harapkan dukungan Komisi I DPR terkait anggaran. Komunikasi ini akan menjadi perencanaan pembangunan TNI AL,” jelasnya.

Posting Komentar untuk "Pantau Perkembangan Alutsista, Komisi I Kunjungi Mabes TNI AL"